kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 11:16-30 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
11:16 Maka teringatlah aku akan perkataan Tuhan: Yohanes membaptis dengan air, tetapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus. 11:17 Jadi jika Allah memberikan karunia-Nya kepada mereka sama seperti kepada kita pada waktu kita mulai percaya kepada Yesus Kristus, bagaimanakah mungkin aku mencegah Dia?" 11:18 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka menjadi tenang, lalu memuliakan Allah, katanya: "Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup."
Barnabas dan Saulus ke Antiokhia
11:19 Sementara itu banyak saudara-saudara telah tersebar karena penganiayaan yang timbul sesudah Stefanus dihukum mati. Mereka tersebar sampai ke Fenisia, Siprus dan Antiokhia; namun mereka memberitakan Injil kepada orang Yahudi saja. 11:20 Akan tetapi di antara mereka ada beberapa orang Siprus dan orang Kirene yang tiba di Antiokhia dan berkata-kata juga kepada orang-orang Yunani dan memberitakan Injil, bahwa Yesus adalah Tuhan. 11:21 Dan tangan Tuhan menyertai mereka dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan. 11:22 Maka sampailah kabar tentang mereka itu kepada jemaat di Yerusalem, lalu jemaat itu mengutus Barnabas ke Antiokhia. 11:23 Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan, 11:24 karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. 11:25 Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Saulus; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia. 11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen. 11:27 Pada waktu itu datanglah beberapa nabi dari Yerusalem ke Antiokhia. 11:28 Seorang dari mereka yang bernama Agabus bangkit dan oleh kuasa Roh ia mengatakan, bahwa seluruh dunia akan ditimpa bahaya kelaparan yang besar. Hal itu terjadi juga pada zaman Klaudius. 11:29 Lalu murid-murid memutuskan untuk mengumpulkan suatu sumbangan, sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing dan mengirimkannya kepada saudara-saudara yang diam di Yudea. 11:30 Hal itu mereka lakukan juga dan mereka mengirimkannya kepada penatua-penatua dengan perantaraan Barnabas dan Saulus.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Agabus a prophet in the Jerusalem church
 · Antiokhia a city in Syria located 15 miles inland from the Mediterranean Sea on the Orontes River,a principal city of the province of Pisidia in Asia Minor, west of Iconium.
 · Barnabas a man who was Paul's companion on several of his journeys
 · Fenisia the region ofeast Mediterranean coastal land from Arvad (modern Lebanon) south to Gaza,the coast land from Mt. Carmel north to the Orontes River
 · Kaisar a title held by Roman emperors
 · Kirene an inhabitant of Cyrene.
 · Klaudius the Roman emperor who was the successor of Caligula,a Roman army captain in Jerusalem
 · Kristen any person, male or female, who is committed to following Christ.
 · Saul the sixth king of Edom,son of Simeon and a Canaanite woman,son of Uzziah of Kohath son of Levi
 · Saulus the man from Tarsus who became a great apostle to the gentiles,the first king of Isreal,son of Kish of Benjamin; king of Israel before David
 · Siprus an island country located off the east coast of Cilicia in the Mediterranean,the island of Cyprus
 · Stefanus the man who became the first Christian martyr
 · Tarsus a capital city of the Roman province of Cilicia; the birthplace of Paul
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah
 · Yunani the language used by the people of Greece


Topik/Tema Kamus: Petrus | Antiokhia | Bait Allah /Bait Suci | Herodes | Paulus | Barnabas | Iman | Roh Kudus | Nabi | Susah, Kesusahan Dijadikan Faedah | Siprus | Agabus | Orang Miskin | Derma, Kedermawanan | Yunani | Kirene | Utusan Injil | Tarsus | Tobat, Pertobatan (Berpaling Kepada Tuhan) | Kaisar | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 11:17 - KEPADA KITA PADA WAKTU KITA MULAI PERCAYA. Nas : Kis 11:17 Suatu terjemahan yang lebih harfiah adalah, "Allah memberikan mereka karunia yang sama seperti diberikan kepada kita juga setelah p...

Nas : Kis 11:17

Suatu terjemahan yang lebih harfiah adalah, "Allah memberikan mereka karunia yang sama seperti diberikan kepada kita juga setelah percaya." Pernyataan ini selaras dengan fakta historis bahwa para rasul percaya kepada Yesus dan dibaharui oleh Roh Kudus sebelum hari Pentakosta

(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID).

Full Life: Kis 11:18 - KETIKA MEREKA MENDENGAR HAL ITU. Nas : Kis 11:18 Khotbah Petrus membungkam semua keberatan (ayat Kis 11:4-18). Allah telah membaptiskan orang-orang bukan Yahudi dalam Roh Kudus (Ki...

Nas : Kis 11:18

Khotbah Petrus membungkam semua keberatan (ayat Kis 11:4-18). Allah telah membaptiskan orang-orang bukan Yahudi dalam Roh Kudus (Kis 10:45) disertai bukti-bukti yang meyakinkan bahwa mereka berkata-kata dengan bahasa roh (Kis 10:46). Berkata-kata dengan bahasa roh merupakan satu-satunya tanda yang diperlukan dan tanda itu diterima tanpa ragu-ragu.

Full Life: Kis 11:23 - TETAP SETIA KEPADA TUHAN. Nas : Kis 11:23 Para murid PB tidak beranggapan bahwa mereka yang menerima kasih karunia Allah dengan sendirinya akan tetap setia kepada Tuhan kare...

Nas : Kis 11:23

Para murid PB tidak beranggapan bahwa mereka yang menerima kasih karunia Allah dengan sendirinya akan tetap setia kepada Tuhan karena dosa, dunia, dan pencobaan Iblis dapat membelokkan seorang yang baru percaya dari jalan keselamatan di dalam Kristus. Barnabas memberi contoh kepada kita bagaimana menangani orang yang baru bertobat: perhatian utama kita harus menolong dan mendorong mereka untuk tetap bertahan di dalam iman, kasih, dan persekutuan dengan Kristus dan gereja-Nya (bd. Kis 13:43; 14:22).

Full Life: Kis 11:26 - MURID-MURID ITU UNTUK PERTAMA KALINYA DISEBUT KRISTEN. Nas : Kis 11:26 Kata "Kristen" (Yun. _christianos_) hanya digunakan tiga kali dalam PB (Kis 11:26; 26:28; 1Pet 4:16). Pada mulanya istilah ini bera...

Nas : Kis 11:26

Kata "Kristen" (Yun. _christianos_) hanya digunakan tiga kali dalam PB (Kis 11:26; 26:28; 1Pet 4:16). Pada mulanya istilah ini berarti seorang hamba atau pengikut Kristus. Dewasa ini telah menjadi istilah umum yang kehilangan arti aslinya dari PB. Nama ini seharusnya menunjuk kepada nama Penebus kita (Rom 3:24), ide tentang hubungan intim kita dengan Kristus (Rom 8:38-39) dan pikiran bahwa kita menerima Dia sebagai Tuhan kita (Rom 5:1) dan sumber keselamatan kekal (Ibr 5:9). Mengaku nama "Kristen" berarti bahwa Kristus dan Firman-Nya telah menjadi kekuasaan utama kita dan satu-satunya sumber pengharapan kita untuk masa depan (Kol 1:5,27).

Full Life: Kis 11:27 - BEBERAPA NABI. Nas : Kis 11:27 Peranan nabi-nabi dalam gereja diakui dalam surat-surat Paulus (lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).

Nas : Kis 11:27

Peranan nabi-nabi dalam gereja diakui dalam surat-surat Paulus

(lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).

BIS: Kis 11:20 - orang-orang yang tidak beragama Yahudi orang-orang yang tidak beragama Yahudi: beberapa naskah kuno: orang-orang Yunani; atau: orang Yahudi yang berbahasa Yunani.

orang-orang yang tidak beragama Yahudi: beberapa naskah kuno: orang-orang Yunani; atau: orang Yahudi yang berbahasa Yunani.

Jerusalem: Kis 11:17 - Allah Kata ini tidak termuat dalam teks barat (memanglah Kristus yang memberikan Roh Kudus)

Kata ini tidak termuat dalam teks barat (memanglah Kristus yang memberikan Roh Kudus)

Jerusalem: Kis 11:17 - mencegah Dia Petrus menjelaskan tentang baptisan yang diberikan kepada seseorang yang tak bersunat, bdk Kis 11:3; lih. Kis 10:1+, teguran bahwa bertamu pada orang-...

Petrus menjelaskan tentang baptisan yang diberikan kepada seseorang yang tak bersunat, bdk Kis 11:3; lih. Kis 10:1+, teguran bahwa bertamu pada orang-orang yang tak bersunat, bdk Kis 11:3; lih. Kis 10:1+. Menurut pendapat Lukas Petruslah yang memasukkan orang tak bersunat pertama ke dalam jemaat, bagaimanapun juga halnya dengan orang Etiopia, Kis 8:26-39 dan dengan saat pewartaan Injil di kota Antiokhia, yang ceritanya akan menyusul, Kis 11:19 dst. Ditinjau demikian maka "konsili Yerusalem", Kis 15:5-29, nampaknya sebagai lanjutan atau pengulangan pertimbangan-pertimbangan yang tercantum dalam Kis 11:1-18.

Jerusalem: Kis 11:19 - -- Ayat ini melanjutkan Kis 8:1 dan Kis 8:4 dan berupa pembukaan kisah tentang didirikannya jemaat di Antiokhia yang merupakan akibat dari kemartiran Ste...

Ayat ini melanjutkan Kis 8:1 dan Kis 8:4 dan berupa pembukaan kisah tentang didirikannya jemaat di Antiokhia yang merupakan akibat dari kemartiran Stefanus. Sekarang cerita ini terpisah dari cerita tentang Stefanus oleh karena disisipkan "Kisah Filipus", Kis 8:5-40, dan "Kisah Petrus", Kis 9:31-11:18. Hanya cerita tentang jemaat di Antiokhia mengandaikan kisah mengenai panggilan Saulus, Kis 9:1-30, yang sendiri tergabung dengan kemartiran Stefanus

Jerusalem: Kis 11:19 - Antiokhia Kota Antiokhia terletak di tepi sungai Orontes dan menjadi ibukota propinsi Romawi Siria; adalah kota ketiga dalam kerajaan Roma di samping kota Roma ...

Kota Antiokhia terletak di tepi sungai Orontes dan menjadi ibukota propinsi Romawi Siria; adalah kota ketiga dalam kerajaan Roma di samping kota Roma dan Aleksandria.

Jerusalem: Kis 11:20 - orang-orang Yunani Var: orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani, bdk Kis 9:29. Kalau "orang-orang Yahudi", Kis 11:19, maka maksudnya ialah: semua orang yang tak bersuna...

Var: orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani, bdk Kis 9:29. Kalau "orang-orang Yahudi", Kis 11:19, maka maksudnya ialah: semua orang yang tak bersunat

Jerusalem: Kis 11:20 - Yesus adalah Tuhan Dalam pewartaan kepada orang bukan Yahudi maka Yesus tidak diberi gelar "Kristus" (Mesias) sesuai dengan harapan orang-orang Yahudi, tetapi lebih-lebi...

Dalam pewartaan kepada orang bukan Yahudi maka Yesus tidak diberi gelar "Kristus" (Mesias) sesuai dengan harapan orang-orang Yahudi, tetapi lebih-lebih gelar "Tuhan" (Kyrios), bdk Kis 25:26+. Yesus adalah "Tuhan" oleh karena dengan peninggianNya di sisi kanan Allah telah menjadi Raja kerajaan di akhir zaman, bdk Kis 2:21,36; 7:59-60; 10:36; 1Te 4:15-17; 2Te 1:7-12; Rom 10:9-13.

Jerusalem: Kis 11:22 - jemaat di Yerusalem Jemaat ini mempunyai semacam hak pengawasan terhadap jemaat-jemaat lain, bdk Kis 8:14; 11:1, lihat juga Gal 2:2.

Jemaat ini mempunyai semacam hak pengawasan terhadap jemaat-jemaat lain, bdk Kis 8:14; 11:1, lihat juga Gal 2:2.

Jerusalem: Kis 11:23 - menasehati mereka Ini kiranya menyinggung nama Barnabas, "anak penghiburan/ajakan", Kis 4:36

Ini kiranya menyinggung nama Barnabas, "anak penghiburan/ajakan", Kis 4:36

Jerusalem: Kis 11:23 - setia kepada Tuhan Var: setia dalam Tuhan.

Var: setia dalam Tuhan.

Jerusalem: Kis 11:26 - tinggal bersama-sama dengan jemaat itu Makna naskah Yunani kurang jelas. Dapat dimengerti sebagai: "mereka bertindak bersehati", atau: "mereka diterima oleh jemaat", artinya menjadi tamunya

Makna naskah Yunani kurang jelas. Dapat dimengerti sebagai: "mereka bertindak bersehati", atau: "mereka diterima oleh jemaat", artinya menjadi tamunya

Jerusalem: Kis 11:26 - disebut Kristen Artinya: penganut atau pendukung Kristus (atau: Krestus). Dalam menciptakan sebutan itu maka orang-orang kafir di Antiokhia mengerti "Kristus" (yang d...

Artinya: penganut atau pendukung Kristus (atau: Krestus). Dalam menciptakan sebutan itu maka orang-orang kafir di Antiokhia mengerti "Kristus" (yang di urapi) sebagai nama diri dan bukan sebagai gelar.

Jerusalem: Kis 11:27 - nabi Sama seperti nabi-nabi Perjanjian Lama, Ula 18:18; 2Pe 1:21; Mat 5:12, demikianpun nabi-nabi Perjanjian Baru, adalah orang karismatis, 1Ko 12:1+, yang...

Sama seperti nabi-nabi Perjanjian Lama, Ula 18:18; 2Pe 1:21; Mat 5:12, demikianpun nabi-nabi Perjanjian Baru, adalah orang karismatis, 1Ko 12:1+, yang berkata atas nama Allah dijiwai Roh KudusNya. Di zaman Perjanjian Baru karisma itu tercurah dengan lebih melimpah, Kis 2:17-18, dan ada kalanya semua kaum beriman mendapat karunia itu, Kis 19:6; 1Ko 11:4-5; 14:26,29-33,37. Namun demikian ada sementara orang yang secara khusus mendapat karunia itu sehingga diberi gelar "nabi", Kis 11:27; 13:1; 15:32; 21:9,10. Dalam tata susunan karunia-karunia Roh Kudus karunia kenabian lazimnya disebutkan sebagai yang kedua sedangkan yang pertama ialah "rasul' 1Ko 12:28-29; Efe 4:11; tetapi bdk 1Ko 12:10; Rom 12:6; Luk 11:49. Para nabi itu adalah saksi-saksi yang didorong Roh Kudus, Kis 1:3 dan Kis 2:7, dll; 1Te 5:19-20, untuk menyampaikan "wahyu", 1Ko 14:6,26,30; Efe 3:5; Wah 1:1, seperti para "rasul"pun adalah saksi-saksi Kristus yang dibangkitkan,Rom 1:1+; Kis 1:8+, dengan memaklumkan "pemberitaan" (kerygma), Kis 2:22+. Tugas para nabi tidak terbatas pada menubuatkan masa depan, Kis 11:28; 21:11, atau menyelami isi hati orang, 1Ko 14:24-25; bdk 1Ti 1:18; 4:14, dan kalau para nabi itu membina, mengajak dan menghibur, 1Ko 14:3; bdk Kis 4:36; 11:23-24, maka wahyu yang bersifat karismatis itu mendekatkan para nabi pada mereka yang mendapat karunia berbahasa lain, Kis 2:4+; Kis 19:6, meskipun karunia kenabian lebih berharga dari karunia berbahasa lain justru oleh karena perkataan para nabi dapat dipahami, 1Ko 14. Tugas utama para nabi kiranya tidak lain kecuali dengan penerangan Roh Kudus menjelaskan firman Allah yang tercantum dalam Kitab Suci, teristimewanya firman para nabi dahulu, 1Pe 1:10-12. Dengan demikian nabi-nabi itu menyingkapkan "rahasia" rencana Allah, 1Ko 13:2; Efe 3:5; Rom 16:25+. Oleh sebab itu maka para nabi ditempatkan di samping para rasul sebagai dasar Gereja, Efe 2:20+. Kitab Wahyu Yohanes merupakan sebuah contoh hasil karunia kenabian dalam Perjanjian Baru, Wah 1:3; 10:11; 19:10; 22:7-10,18-19. Hanya betapa luhurpun karunia kenabian, namun ia hanya dapat memberikan pengetahuan sementara saja sehubungan dengan pokok kepercayaan Kristen, Rom 12:6. Pengetahuan kenabian itupun akan lenyap bila orang melihat Allah sebagaimana adanya, 1Ko 13:8-12

Jerusalem: Kis 11:27 - Antiokhia Teks barat menambah: Dan ada kegembiraan besar. Sedang kami berkumpul, seseorang di antara mereka itu... Jadi dalam teks barat di sini untuk pertama k...

Teks barat menambah: Dan ada kegembiraan besar. Sedang kami berkumpul, seseorang di antara mereka itu... Jadi dalam teks barat di sini untuk pertama kalinya dipergunakan kata ganti diri "kami", bdk Kis 16:10.

Jerusalem: Kis 11:28 - Klaudius Waktu pemerintahan Klaudius (41-54) wilayah kerajaan Roma tertimpa kelaparan besar sekitar th. 49-50, terlebih dulu negeri Yunani kemudian Roma. Yosef...

Waktu pemerintahan Klaudius (41-54) wilayah kerajaan Roma tertimpa kelaparan besar sekitar th. 49-50, terlebih dulu negeri Yunani kemudian Roma. Yosefus menempatkan peristiwa itu waktu Tiberius Aleksander menjadi wali negeri (46-48).

Jerusalem: Kis 11:30 - penatua Para rasul di sini tidak disebutkan lebih dahulu dari para penatua, Kis 15:2, dll. Mereka kiranya terpaksa meninggalkan Yerusalem

Para rasul di sini tidak disebutkan lebih dahulu dari para penatua, Kis 15:2, dll. Mereka kiranya terpaksa meninggalkan Yerusalem

Jerusalem: Kis 11:30 - Saulus Menurut Kis 9:26; 11:29 dst; Kis 15:2 Paulus sampai tiga kali pergi ke Yerusalem sebelum sampai dua kali mengunjungi daerah Galatia, Kis 16:6; 18:23. ...

Menurut Kis 9:26; 11:29 dst; Kis 15:2 Paulus sampai tiga kali pergi ke Yerusalem sebelum sampai dua kali mengunjungi daerah Galatia, Kis 16:6; 18:23. Tetapi Paulus sendiri dalam Gal 1:18; 2:1 dst; bdk Kis 4:13, berkata bahwa hanya dua kali mengunjungi Yerusalem. Perbedaan antara Kisah para rasul dan Galatia barangkali disebabkan oleh karena Lukas menggabungkan sumber-sumbernya. Mungkin kunjungan yang disebut dalam Kis 11:29 itu sama saja dengan yang disebutkan dalam Kis 15:2. "Sumbangan" yang dibawa kepada jemaat di Yerusalem kiranya lain dari yang kemudian dibawa Paulus, Kis 24:17, sebagai hasil pengumpulan dana yang dibuat atas permintaan jemaat di Yerusalem, Gal 2:10; bdk 1Ko 16:1+; 2Ko 8:4; 9:1,12,13; Rom 15:31.

Ende: Kis 11:18 - Tenang Tetapi belum puas rupanja, seperti agak njata oleh sikap mereka dalam sidang (Konsili) di Jerusalem (bab 15) Kis 15.

Tetapi belum puas rupanja, seperti agak njata oleh sikap mereka dalam sidang (Konsili) di Jerusalem (bab 15) Kis 15.

Ende: Kis 11:20 - Antiochia Ialah ibu-kota propinsi Siria, berkebudajaan Junani dan beragama "kafir". Ia dewasa itu "kota ketiga" dalam kekaisaran Roma karena keindahan, besarnja...

Ialah ibu-kota propinsi Siria, berkebudajaan Junani dan beragama "kafir". Ia dewasa itu "kota ketiga" dalam kekaisaran Roma karena keindahan, besarnja (penduduknja setengah djuta) dan kemakmurannja, lagi sebagai pusat kebudajaan.

Ende: Kis 11:20 - Tuhan Jesus dan "Jesus Tuhan kita". Jesus digelari atau disebut "Tuhan", sebab sedjak "duduk disebelah kanan Allah", djuga sebagai manusia, Ia mempunjai kuasa mut...

dan "Jesus Tuhan kita". Jesus digelari atau disebut "Tuhan", sebab sedjak "duduk disebelah kanan Allah", djuga sebagai manusia, Ia mempunjai kuasa mutlak atas segala machluk. Lagi pula sebab Ia adalah kepada (Tuhan Ilahi atas) Keradjaan Allah. Bdl. Kis 2:21,36; 7:59-60; Rom 10:9-13; 1Te 4:15-17; 2Te 1:7-12.

Ende: Kis 11:26 - Kristianoi Demikian dalam bahasa Junani. Dari itu diasalkan "Kristen" dalam bahasa kita. Maksudnja: penganut adjaran Kristus. Pemakaian "Nurani, Serani" untuk me...

Demikian dalam bahasa Junani. Dari itu diasalkan "Kristen" dalam bahasa kita. Maksudnja: penganut adjaran Kristus. Pemakaian "Nurani, Serani" untuk mereka mendjadi lazim dalam bahasa-bahasa Timur, seperti djuga dalam bahasa kita sedjak dahulu. Bunjinja memang lebih enak daripada kata asing

Ende: Kis 11:26 - Kristen itu. Kata itu diasalkan dari nama Nasaret dan bukan mengandung suatu tjorak penghinaan, seperti kadang-kadang disangka orang. Jesus sendiri menamakan...

itu. Kata itu diasalkan dari nama Nasaret dan bukan mengandung suatu tjorak penghinaan, seperti kadang-kadang disangka orang. Jesus sendiri menamakan Dirinja "Jesus dari Nasaret" dalam penglihatanNja kepada Paulus (Kis 22:8). Petrus dan Paulus pun menamakanNja demikian, misalnja dalam Kis 22:22; 3:6; 4:10; 10:38; 26:9.

Ende: Kis 11:27 - Beberapa nabi Dewasa itu pengadjar-pengadjar Indjil, pembantu Rasul-rasul, jang setjara istimewa diilhami oleh Roh Kudus dan mempunjai kurnia-kurnia Roh Kudus jang ...

Dewasa itu pengadjar-pengadjar Indjil, pembantu Rasul-rasul, jang setjara istimewa diilhami oleh Roh Kudus dan mempunjai kurnia-kurnia Roh Kudus jang njata, disebut "nabi".

Ende: Kis 11:30 - Para orang tua-tua Demikian gelaran anggota-anggota dewan pimpinan umat-umat. Apa mereka djuga mendapat tahbisan imamat tidak diketahui. Waktu Barnabas dan Paulus berada...

Demikian gelaran anggota-anggota dewan pimpinan umat-umat. Apa mereka djuga mendapat tahbisan imamat tidak diketahui. Waktu Barnabas dan Paulus berada di Jerusalem Rasul-rasul rupanja tidak ada barangkali berhubungan dengan pengedjaran Herodes terhadap mereka. Lih. Kis 12:2 dan Kis 12:18.

Ref. Silang FULL: Kis 11:16 - dengan air // Roh Kudus · dengan air: Mr 1:4; Mr 1:4 · Roh Kudus: Mr 1:8; Mr 1:8

· dengan air: Mr 1:4; [Lihat FULL. Mr 1:4]

· Roh Kudus: Mr 1:8; [Lihat FULL. Mr 1:8]

Ref. Silang FULL: Kis 11:17 - memberikan karunia-Nya // kepada kita · memberikan karunia-Nya: Kis 2:38 · kepada kita: Kis 10:45,47

· memberikan karunia-Nya: Kis 2:38

· kepada kita: Kis 10:45,47

Ref. Silang FULL: Kis 11:18 - kepada hidup · kepada hidup: Rom 10:12,13; 2Kor 7:10

· kepada hidup: Rom 10:12,13; 2Kor 7:10

Ref. Silang FULL: Kis 11:19 - sesudah Stefanus // dan Antiokhia · sesudah Stefanus: Kis 8:1,4 · dan Antiokhia: Kis 11:26,27; Kis 13:1; 14:26; 18:22; Gal 2:11

· sesudah Stefanus: Kis 8:1,4

· dan Antiokhia: Kis 11:26,27; Kis 13:1; 14:26; 18:22; Gal 2:11

Ref. Silang FULL: Kis 11:20 - orang Siprus // orang Kirene // di Antiokhia // memberitakan Injil · orang Siprus: Kis 4:36 · orang Kirene: Mat 27:32; Mat 27:32 · di Antiokhia: Kis 11:19; Kis 11:19 · memberitakan Injil: K...

· orang Siprus: Kis 4:36

· orang Kirene: Mat 27:32; [Lihat FULL. Mat 27:32]

· di Antiokhia: Kis 11:19; [Lihat FULL. Kis 11:19]

· memberitakan Injil: Kis 13:32; [Lihat FULL. Kis 13:32]

Ref. Silang FULL: Kis 11:21 - menyertai mereka // kepada Tuhan · menyertai mereka: Luk 1:66 · kepada Tuhan: Kis 2:41; Kis 2:41

· menyertai mereka: Luk 1:66

· kepada Tuhan: Kis 2:41; [Lihat FULL. Kis 2:41]

Ref. Silang FULL: Kis 11:22 - mengutus Barnabas · mengutus Barnabas: Kis 4:36; Kis 4:36

· mengutus Barnabas: Kis 4:36; [Lihat FULL. Kis 4:36]

Ref. Silang FULL: Kis 11:23 - karunia Allah // tetap setia · karunia Allah: Kis 13:43; 14:26; 15:40; 20:24 · tetap setia: Kis 14:22

· karunia Allah: Kis 13:43; 14:26; 15:40; 20:24

· tetap setia: Kis 14:22

Ref. Silang FULL: Kis 11:24 - Roh Kudus // kepada Tuhan · Roh Kudus: Luk 1:15; Luk 1:15 · kepada Tuhan: Kis 2:41; Kis 2:41

· Roh Kudus: Luk 1:15; [Lihat FULL. Luk 1:15]

· kepada Tuhan: Kis 2:41; [Lihat FULL. Kis 2:41]

Ref. Silang FULL: Kis 11:25 - ke Tarsus · ke Tarsus: Kis 9:11; Kis 9:11

· ke Tarsus: Kis 9:11; [Lihat FULL. Kis 9:11]

Ref. Silang FULL: Kis 11:26 - murid-murid itu // pertama kalinya · murid-murid itu: Kis 11:29; Kis 6:1,2; 9:19,26,38; 13:52 · pertama kalinya: Kis 26:28; 1Pet 4:16

· murid-murid itu: Kis 11:29; Kis 6:1,2; 9:19,26,38; 13:52

· pertama kalinya: Kis 26:28; 1Pet 4:16

Ref. Silang FULL: Kis 11:27 - beberapa nabi · beberapa nabi: Kis 13:1; 15:32; 1Kor 11:4; 12:28,29; 14:29,32,37; Ef 4:11; Ef 4:11

Ref. Silang FULL: Kis 11:28 - bernama Agabus // seluruh dunia // zaman Klaudius · bernama Agabus: Kis 21:10 · seluruh dunia: Mat 24:14; Mat 24:14 · zaman Klaudius: Kis 18:2

· bernama Agabus: Kis 21:10

· seluruh dunia: Mat 24:14; [Lihat FULL. Mat 24:14]

· zaman Klaudius: Kis 18:2

Ref. Silang FULL: Kis 11:29 - Lalu murid-murid // suatu sumbangan // kepada saudara-saudara · Lalu murid-murid: Kis 11:26; Kis 11:26 · suatu sumbangan: Rom 15:26; 2Kor 8:1-4; 9:2 · kepada saudara-saudara: Kis 11:1,12; Kis...

· Lalu murid-murid: Kis 11:26; [Lihat FULL. Kis 11:26]

· suatu sumbangan: Rom 15:26; 2Kor 8:1-4; 9:2

· kepada saudara-saudara: Kis 11:1,12; Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]

Ref. Silang FULL: Kis 11:30 - kepada penatua-penatua // perantaraan Barnabas // dan Saulus · kepada penatua-penatua: Kis 14:23; 15:2,22; 20:17; 1Tim 5:17; Tit 1:5; Yak 5:14; 1Pet 5:1; 2Yoh 1:1 · perantaraan Barnabas: Kis 4:36; ...

· kepada penatua-penatua: Kis 14:23; 15:2,22; 20:17; 1Tim 5:17; Tit 1:5; Yak 5:14; 1Pet 5:1; 2Yoh 1:1

· perantaraan Barnabas: Kis 4:36; [Lihat FULL. Kis 4:36]

· dan Saulus: Kis 12:25

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 11:1-18 - Pembelaan Petrus Dalam pasal ini kita temui, I. Pembelaan yang harus disampaikan Petrus karena tindakannya menerima Kornelius dan teman-temannya sebagai a...

Matthew Henry: Kis 11:19-26 - Injil Diberitakan di Antiokhia; Barnabas di Antiokhia Injil Diberitakan di Antiokhia; Barnabas di Antiokhia ( Kis 11:19-26) Di sini diceritakan bagaimana ditanam dan disiraminya sebuah jemaat di kota...

Matthew Henry: Kis 11:27-30 - Sumbangan Gereja Mula-mula Sumbangan Gereja Mula-mula ( Kis 11:27-30) Tatkala Tuhan Yesus naik ke tempat tinggi, Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia, tidak hany...

SH: Kis 11:1-18 - Cegah perpecahan dalam gereja (Rabu, 16 Juni 1999) Cegah perpecahan dalam gereja Kali ini Petrus diperhadapkan dengan tuduhan melakukan tindakan semena-mena dan merasa dirinya paling benar. Sebag...

SH: Kis 11:1-18 - Tuhan tidak membangun tembok (Sabtu, 5 Juli 2003) Tuhan tidak membangun tembok Allah tidak membeda-bedakan orang. Perhatian dan cinta kasih-Nya tidak bisa dibatasi hanya di wilayah tertentu. Rah...

SH: Kis 11:1-18 - Pekerjaan Roh yang mempersatukan (Selasa, 4 Agustus 2009) Pekerjaan Roh yang mempersatukan Kita hidup dalam suatu masyarakat yang terkotak-kotak berdasarkan suku, agama, atau apa saja yang sesuai dengan...

SH: Kis 11:1-18 - Keselamatan bagi bangsa-bangsa (Kamis, 7 Juni 2012) Keselamatan bagi bangsa-bangsa Kabar tentang pemberitaan Injil kepada bangsa nonYahudi oleh Paulus, terdengar oleh rasul-rasul lain dan orang-orang K...

SH: Kis 11:1-18 - Gereja yang Bertumbuh (Rabu, 5 September 2018) Gereja yang Bertumbuh Apa yang terjadi di Yope sudah terdengar di Yerusalem (1). Pada waktu Petrus tiba di Yerusalem, orang-orang percaya yang bersun...

SH: Kis 11:19-30 - Penginjil tidak tenar (Kamis, 17 Juni 1999) Penginjil tidak tenar Penganiayaan tidak menghentikan semangat Kristen memberitakan Injil kepada orang Yahudi (19). Di antara yang memberitakan ...

SH: Kis 11:19-30 - Injil tidak eksklusif (Minggu, 6 Juli 2003) Injil tidak eksklusif Apa yang dibuat Petrus di sebuah tempat yang jauh di Kaisarea, dalam waktu singkat tersebar di Yudea. Kekristenan telah me...

SH: Kis 11:19-30 - Injil tidak bisa dimatikan (Senin, 7 Juli 2003) Injil tidak bisa dimatikan Kekristenan di Yerusalem tidak dimatikan seiring dengan kematian Stefanus. Walau peristiwa kematian Stefanus sangat t...

SH: Kis 11:19-30 - Gereja sebagai pusat misi (Rabu, 5 Agustus 2009) Gereja sebagai pusat misi Salah satu definisi penting gereja adalah persekutuan orang percaya yang dipanggil ke luar dari dunia berdosa ini, dip...

SH: Kis 11:19-30 - Sukacita Injil dalam jemaat (Jumat, 8 Juni 2012) Sukacita Injil dalam jemaat Terbentuknya banyak gereja dan persekutuan dimana-mana harus dilihat sebagai karya Tuhan semata-mata. Sebab walaupun mung...

SH: Kis 11:19-30 - Berbeda Peran (Kamis, 6 September 2018) Berbeda Peran Para murid Yesus yang menyingkir dari Yerusalem pada masa penganiayaan telah menjadi gereja yang bertumbuh. Mereka memberitakan Injil k...

Utley: Kis 11:1-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 11:1-181 Rasul-rasul dan saudara-saudara di Yudea mendengar, bahwa bangsa-bangsa lain juga menerima Firman Allah. 2 Ketika ...

Utley: Kis 11:19-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 11:19-2619 Sementara itu banyak saudara-saudara telah tersebar karena penganiayaan yang timbul sesudah Stefanus dihukum mat...

Utley: Kis 11:27-30 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 11:27-3027 Pada waktu itu datanglah beberapa nabi dari Yerusalem ke Antiokhia. 28O Seorang dari mereka yang bernama Agabus ...

Topik Teologia: Kis 11:17 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Tuhan Yesus Kristus Kis 11:17 Rom 5:1,11 Rom 6:23 Rom 7:25-26 Rom 8:39 R...

Topik Teologia: Kis 11:18 - -- Keselamatan Keselamatan adalah Terbuka untuk Semua Yes 55:1-7 Yoh 3:16 Yoh 5:24 Yoh 11:51-52 Yoh 12:30,32 Kis 11:17-18 Kis 13:26,38...

Topik Teologia: Kis 11:20 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Tuhan Yesus Kis 7:59 Kis 8:16 Kis 11:20 Kis 15:11 Kis 16:31 Kis 20:21 1Ko 5:4-5 2Ko 1...

Topik Teologia: Kis 11:21 - -- Keselamatan Pertobatan Disadari Melalui Desakan Ilahi Yes 22:12 Yes 45:22 Yes 57:15 Yer 24:7 Yeh 14:6 Yeh 18:30 Hag 1:7...

Topik Teologia: Kis 11:22 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah Percaya kepada Allah dan Percayailah Dia Teladan karena Iman ...

Topik Teologia: Kis 11:23 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Kis 11:24 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah Percaya kep...

Topik Teologia: Kis 11:26 - -- Pengudusan Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan Gereja Misi, Pelayanan dan Aktivitas Gereja Pengajaran dalam Gereja Ula 6:4-...

Topik Teologia: Kis 11:27 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja ...

Topik Teologia: Kis 11:28 - -- Roh Kudus Sifat Ilahi Roh Kudus Roh yang Disamakan dengan Allah Keilahian Roh di dalam Keberadaan Diri-Nya Roh yang Dise...

Topik Teologia: Kis 11:29 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Gereja Gereja Menolong Orang Percaya yang Me...

Topik Teologia: Kis 11:30 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Gereja Gereja Menolong Orang Percaya yang Me...

TFTWMS: Kis 9:3--26:15 - Konfrontasi Yang Tak Terduga KONFRONTASI YANG TAK TERDUGA (Kis 9:3-5; 22:6-8; 26:13-15) Saat itu menjelang tengah hari pada hari terakhir perjalanan tersebut. Tembok kota Damsyik...

TFTWMS: Kis 9:6--26:18 - Tantangan Yang Luar Biasa TANTANGAN YANG LUAR BIASA (Kis 9:6-9; 22:9-11; 26:16-18) Jawaban Tuhan sama mengejutkannya seperti penampakan diri-Nya. Yesus memberitahu Saulus untu...

TFTWMS: Kis 9:18--26:19 - Mualaf Yang Tidak Ragu-ragu MUALAF YANG TIDAK RAGU-RAGU (Kis 9:18, 19; 26:19) Bagi Saulus keputusan itu memang berat. Memang selalu berat bagi siapa saja untuk mengakui bahwa se...

TFTWMS: Kis 9:20--26:20 - Belajar Bicara BELAJAR BICARA (Kis 9:20-22, 27-29; 26:20) Anak bayi harus belajar bicara. Beberapa dapat belajar dengan cepat; beberapa lagi perlu waktu agak lama. ...

TFTWMS: Kis 9:29--22:21 - Rintangan Kedegilan RINTANGAN KEDEGILAN (Kis 9:29, 30; 22:17-21) Ketika Saulus memberitakan injil di Yerusalem, salah satu tempat pertama yang ia kunjungi adalah sinagog...

TFTWMS: Kis 10:23--11:17 - Langkah Ketiga Allah: Menyiapkan Gereja LANGKAH KETIGA ALLAH: MENYIAPKAN GEREJA (Kis 10:23-48; 11:12-17) "Langkah besar" dalam menyiapkan umat Kristen Yahudi lainnya mencakup bebe...

TFTWMS: Kis 11:4-17 - Apa Yang Petrus Lakukan APA YANG PETRUS LAKUKAN (Kis 11:4-17) Apakah yang Petrus lakukan ketika ia dipanggil menghadap? Ia lebih suka menghadapi para penuduhnya itu daripada...

TFTWMS: Kis 11:14-17 - Apa Yang Petrus Tidak Lakukan APA YANG PETRUS TIDAK LAKUKAN (Kis 11:14-17) Marilah kita mulai dengan menyimak beberapa faktor yang bukan bagian dari respon Petrus. Pertama, Petrus...

TFTWMS: Kis 9:1--26:12 - Keyakinan Yang Kokoh KEYAKINAN YANG KOKOH (Kis 9:1, 2; 22:4, 5; 26:9-12) Untuk menghargai perubahan yang terjadi atas diri Saulus, kita perlu mengetahui sesuatu tentang h...

TFTWMS: Kis 9:10--22:16 - Orang Kristen Yang Tidak Bersemangat ORANG KRISTEN YANG TIDAK BERSEMANGAT (Kis 9:10-17; 22:10, 12-16) Tuhan membiarkan Saulus dalam kegelapan—secara harfiah, secara rohani, dan secara ...

TFTWMS: Kis 11:18 - Hasil Yang Memuaskan HASIL YANG MEMUASKAN (Kis 11:18) Sulit membayangkan suatu hasil yang lebih memuaskan daripada yang digambarkan dalam ayat 18. Ayat ini berawal dengan...

TFTWMS: Kis 11:19-20 - Untuk Pertama Kalinya Injil Bagi Semua Orang Diberitakan Kepada Semua Orang UNTUK PERTAMA KALINYA INJIL "BAGI SEMUA ORANG" DIBERITAKAN KEPADA SEMUA ORANG (Kis 11:19, 20) Dalam 11:19 Lukas meneruskan kembali cerita y...

TFTWMS: Kis 11:21 - Untuk Pertama Kalinya Sebuah Jemaat Untuk Semua Orang Didirikan UNTUK PERTAMA KALINYA SEBUAH JEMAAT "UNTUK SEMUA ORANG" DIDIRIKAN (Kis 11:21) Seraya para pahlawan tanpa nama itu membagi injil dengan bang...

TFTWMS: Kis 11:22-24 - Untuk Pertama Kalinya Kepedulian Seorang Yahudi Untuk Semua Orang Diperlihatkan UNTUK PERTAMA KALINYA KEPEDULIAN SEORANG YAHUDI "UNTUK SEMUA ORANG" DIPERLIHATKAN (Kis 11:22-24) Sebagaimana kabar tentang penginjilan Petr...

TFTWMS: Kis 11:25-26 - Untuk Pertama Kalinya Rasul Untuk Semua Orang Dimanfaatkan UNTUK PERTAMA KALINYA RASUL "UNTUK SEMUA ORANG" DIMANFAATKAN (Kis 11:25, 26) Selagi pekerjaan di Antiokhia mencapai sukses di luar impian s...

TFTWMS: Kis 11:26 - Untuk Pertama Kalinya Nama Untuk Semua Murid Digunakan UNTUK PERTAMA KALINYA NAMA "UNTUK SEMUA" MURID DIGUNAKAN (Kis 11:26) Ini merupakan latar belakang bagi nas khusus yang ditulis di awal pela...

TFTWMS: Kis 11:27-30 - Untuk Pertama Kalinya Bangsa Non-yahudi Berkesempatan Menyatakan Perhatian Mereka Untuk Semua Orang UNTUK PERTAMA KALINYA BANGSA NON-YAHUDI BERKESEMPATAN MENYATAKAN PERHATIAN MEREKA "UNTUK SEMUA ORANG" (Kis 11:27-30) Selagi Barnabas, Saulu...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) NASIHAT ORANG DEWASA UNTUK PARA BAYI DALAM KRISTUS (Kis 9:23-30; 22:17-21) Sewaktu Yesus berbicara kepada Nikodemus, Ia membandingkan proses perubaha...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:23-30; 22:17-21) Marilah kita sudahi pelajaran ini dengan menguji diri kita sendiri. Biarlah setiap orang bertanya, "Kemajuan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kedua nas ini memakai istilah "bayi" dalam nada menghina sebab mereka yang ditegur itu tidak bertumbuh sebagai orang Kri...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) ORANG BAIK YANG BELUM SELAMAT! (Kis 10:24-48; 11:12-18) Kisah 10 bercerita tentang perubahan hidup Kornelius dan orang seisi rumahnya. Pentingnya per...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 10:24-48; 11:12-18) Selagi Anda membaca kisah perubahan hidup Kornelius, janganlah sampai terperangkap dalam pelbagai mujizat spektak...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kisah terpanjang nomor dua adalah perubahan hidup kaum Yahudi pada Hari Pentakosta (1 pasal, 47 ayat). Perubahan hidup Kornelius m...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) DI JALAN MENUJU PEMURIDAN (Kis 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Dalam pelajaran ini dan berikutnya kita akan mempelajari "kisah perubahan hidup paling t...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Kita harus menunggu sampai pelajaran berikutnya untuk melihat terlaksananya kunjungan itu dan untuk mendenga...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 William Barclay, The Acts of the Apostles, The Daily Study Bible Series, rev. ed. (Philadelphia: Westminster Press, 1976), 70. ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PEMBUNUH MASAL DIBAPTIS! (Kis 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Beberapa tahun yang lalu, vonis yang dijatuhkan ke atas Jeffrey Dahmer, seorang pembunuh ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Jika tempat mengizinkan, kita dapat juga berbicara tentang "komitmen yang hidup terus" saat S...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pelbagai kejadian serupa yang lebih familiar bagi para pendengar boleh digunakan ketimbang kisah Dahmer ini. 2 Melissa Prichard...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PELBAGAI RINTANGAN BAGI ORANG KRISTEN BARU (Kis 9:19-31; 22:17-21) Rasul Paulus sering membandingkan kehidupan Kristiani dengan suatu perlombaan (1Ko...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:19-31; 22:17-21) Saulus tidak menemukan kehidupan Kristiani sebagai kehidupan yang mudah, tetapi ia juga tidak menemukan kehidupan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat catatan tentang 8:22, 24. 2 Lihat 1Korintus 3:1, 2; Ibrani 5:12-14. Nas-nas itu juga menyiratkan bahwa orang Kristen yang...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) MEROBOHKAN TEMBOK! (Kis 10:1-11:18) Setelah Perang Dunia II, kota Berlin dipecah menjadi Berlin Timur dan Berlin Barat. Pada 1961 pihak Komunis mendi...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 10:1-11:18) Setelah kita mempelajari bagian pertama Kisah 10, saya berharap kisah Allah merubuhkan tembok pemisah dapat mempunyai dam...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Efesus 1:22, 23. 2 Bangsa non-Yahudi bisa menjadi mualaf Yahudi. 3 Pasal-pasal lain dalam Matius, Markus, dan Yohanes mencer...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KETIKA PETRUS DIPANGGIL MENGHADAP (11:1-18) Pada zaman dahulu, di rumah-rumah besar di Inggris, umumnya hanya ruang keluarga dan ruang tamu saja yang...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 11:1-18) Sewaktu-waktu Anda dipanggil menghadap, saya berharap hasilnya akan sama memuaskannya seperti hasil Petrus dalam Kisah 11. H...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Judul alternatif untuk pelajaran ini adalah "Ketika Petrus Dipanggil Untuk Memberi Keterangan." 2 Naskah Roma menunju...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) "DI ANTIOKHIALAH ... UNTUK PERTAMA KALINYA" (11:19-30) Pengalaman pertama kali bagi apa saja memang istimewa. Pada 1876, baju Alexander Gra...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 11:19-30) Dalam buku "Kisah Para Rasul, Bagian I" terdapat pelajaran tentang 2:42-47 yang berjudul "Gereja Yang Saya S...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kita pertama kali membaca tentang Antiokhia di 6:5. 2 Namanya sendiri, Seleukia, dijadikan nama pelabuhan di Antiokhia (13:4). ...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.93 detik
dipersembahkan oleh YLSA